Senin, 29 Oktober 2012

tour de merak


yuuup sesuai judulnya, tulisan ini menceritakan pengalaman bersepedaku menyusuri provinsi banten yang baru berusia akhil baliq sekitar 12 tahun, dari daerah pasar baru di pusat jakarta sampai di merak ujung barat pulau jawa , sepanjang 155 Km, selama 11 jam 12 Menit (diluar istirahat tentunya).biar kelihatan keren, perjalanan ini saya bagi dalam beberapa etape layaknya "tour de france" yang menginspirasi judul perjalan ini.

Etape 1 Jakarta pusat - Tangerang
setelah baru terpenjam sekitar 2 jam karena susah memejamkan mata, sekitar puku 03.16 di hari jumat dinihari perjalanan ini dimulai. setelah membeli air mineral untuk kebutuhan selama di jalan, dan sedikit jelly untuk mengisi perut, kukayuh sepeda "semifixie" ku melitasi jalan samanhudi yang masih ada beberapa kendaraan lalu lalang ("city never sleep" katanya) menuju daerah grogol, dilanjutkan ke jalan daan mogot yang memanjang dari jakarta sampai tangerang (males banget kayaknya mikir nama jalan). sempat berhenti sebentar di daerah kalideres untuk sholat subuh, etape pertama berakhir di pertigaan tiga raksa selama 2 jam 33 menit. jalanan sepi karena orang lagi pada sholat ied, jadi serasa milik sendiri. jalanan yang dilalui cukup landai dan kondisi aspal yang bagus.

Etape 2 Tangerang - Serang
dari pertigaan tiga raksa perjalan "ke barat" dilanjutkan menyusuri daerah kabupaten tangerang yang ternyata sangat luas.setelah mengayuh hampir 1 jam 53 Menit dengan beban di pudak yang semakin berat karena salah tidak pake tas ransel, sampai juga di kabupaten tangerang. perasaan saat itu sudah mulai berbunga kembali setelah sempet keteteran di sepajang etape 2 karena mengira tujuan sudah deket. maklumlah plang rambu terakhir yang ditemui jauh di kabupaten tangerang (walaupun kenyataanya kabupaten serang sama gedhenya dengan tangerang). 

Etape 3 Serang - Cilegon
setelah istirahat dan sarapan dengan bakso yang enak (mungkin karena kelaparan), perjalanan dilanjutkan menyusuri sepanjang kabupaten serang sampai masuk Ibukota provinsi Banten di Kota serang. ternyata kota Serang tidak seperti ekspetasi saya sebelumnya terhadap suatu Ibukota Provinsi Kotanya tidak lebih bagus dari Tangerang, bahkan Cilegon sekalipun. hampir 1 Jam 29 Menit mengayuh dengan susah payah karena down dengan beban dipundak dan lutut yang mulai tertarik ototnya. dan akhirnya masuk Kota Cilegon yang kembali menumbuhkan harapan dan semangat.sampai di cilegon langsung persiapan untuk sholat jumat karena sudah menunjukan pukul 11.30. setelah sholat jumat, sempat tertidur sekitar sejam karena kecapekan.

etape 4 cilegon - anyer
sempat mengisi perut dengan natta de coco (gak tau nafsu makan lagi kabur kemana) dan membeli persediaan air yang sudah habis. perjalananan dilanjutkan melewati etape yang paling berat di tour ini. selepas cilegon memasuki kawasan industri, jalanan mulai terlihat lubang-lubang. di awali di kawasan krakatau steel, pabrik baja terbesar di Indonesia jalanan sudah mulai rusak, puncaknya di kawasan di industri pabrik  semen, jalan yang di apit pegunungan kapur disisi kiri dan kawasan pabrik semen di kanan (holcim, semen gresik dan padang) jalanan yang ada saya kira gak ada di pulau jawa, kawasan yg berjarak sekitar 100 km dari ibukot dan menuju kawasan wisata bisa seperti itu. akhirnya setelah perjuangan berat selama 1 jam 53 menit dan beberapa kali menuntuk sepeda (karena jaln udah bener-benr gak layak di lewati sepeda) sampai juga di kawasan anyer. namun sedikit ada rasa kecewa karena kawasan dipinggir pantai dibangun cottage dan hotel, sehingga akses ke pantai sangat terbatas. 

etape 5 anyer - merak


puas menikmati pantai, perjalanan dilanjutkan ke titik akhir di pelabuhan merak. kembali harus melewati perjalanan yang super berat di kawasan industri. akirnya sampai kembali ke kawasan kota cilegon, langsung dibelokan ke sisi yang lain menuju merak. jalanan yg sedikit menanjak tidak terasa dengan pemandangan dan kondisi jalan yang mulus. sekitar 10 km menjelang merak, berhenti sebentar di bagian  belakang krakatau steel. setelah membeli air mineral di tancap lagi menuju pelabuhan merak. 2 jam 25 menit waktu yang dibutuhkan untuk sampai di pelabuhan merak. karena sudah sampai pelabuhan sekalian dilanjutkan naik roro ke bakahuni. ternyata butuh sekitar 6 jam untuk bolak-balik merak - bakahuni. akhirnya jam 02.30 (sudah di hari sabtu lho) sampai kembali di merak, langsung lanjut ke terminal terpadu untuk balik ke jakarta naik bis ( bayar dobel kalau bawa sepeda).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar